Pengedali jarak jauh dengan mikrokontroller

Saat ini peran telepon selular atau handphone sudah tak bisa dipisahkan lagi dari kehidupan manusia. Telah banyak manfaat yang bisa diperoleh dari adanya perangkat komunikasi ini. Mulai dari layanan SMS, MMS, Video Call, hingga akses internet secara mobile pun dapat dilakukan melalui telepon seluler. Namun, selain fungsi di atas, ternyata handphone juga memiliki manfaat lain yakni sebagai pengendali alat elektronika.

Pengendalian alat elektronik ini memanfaatkan sinyal DTMF (Data Tone Multiple Frequency) pada telepon seluler serta mikrokontroller untuk mengendalikan programnya.

Sekedar catatan, Dual Tone Multiple Frequency (DTMF) adalah teknik mengirimkan angka-angka pembentuk nomor telepon yang dikodekan dengan dua nada yang dipilih dari delapan buah frekuensi yang sudah ditentukan.

Secara umum, gambaran sistem seperti berikut :
bagan

Kendali perangkat elektronik via telepon selular berbasis mikrokontroler AT89C51, memanfaatkan sinyal-sinyal DTMF yang dihasilkan oleh penekanan tombol-tombol keypad pada telepon selular yang kemudian didekodekan oleh IC MT8870 dan keluarannya dibandingkan dengan data yang telah tersimpan dalam mikrokontroler untuk melakukan proses selanjutnya.

Perlu diketahui, IC MT8870 berfungsi untuk menghasilkan sinyal binner 4 bit yang menggambarkan karakter yang dikirim melalui sinyal DTMF.

Pada bagian penerima dapat menggunakan bermacam-macam pesawat telepon. Sedangkan untuk peneriman, dapat menggunakan telepon seluler. Sinyal output dari penerima masih berupa sinyal yang lemah. Oleh karena itu perlu dikuatkan dengan bantuan IC LM7431. Bagian detektor dering dipakai sebagai isyarat adanya masukkan sinyal ke dalam mikrokontroler AT89C51.

Selanjutnya, output dari proses yang dikerjakan oleh mikrokontroler AT89C51 akan menyebabkan driver bekerja untuk mengendalikan relay. Nantinya relay ini akan berfungsi untuk menyambung/memutus perangkat elektronik (beban).

Dalam bagan di atas juga terdapat bagian detektor beban, Indikator, dan Pemilih Suara. Bagian-bagian tersebut berfungsi untuk mendeteksi apakah perangkat alat elektronik sudah bisa dikendalikan atau belum. Selanjutnya bagian tersebut akan memberikan laporan mengenai pengendalian tersebut, apakah berhasil atau sebaliknya.

Kendali perangkat elektronik via telepon selular diwujudkan guna mengatasi kendala pengendalian suatu sistem yang masih dibatasi dimensi jarak, ruang dan waktu. Selain itu, efisiensi akan tercapai dengan penggunaan Mikrokontroler AT89C51 sebagai kontrol utama karena harga IC yang relatif murah dan mudah diperoleh dipasaran, dan dapat diwujudkan dalam rangkaian yang lebih sederhana daripada menggunakan IC digital lainnya.

Categories: Tugas SoftSkill | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: