Kebijaksanaan

Kebijaksanaan atau wisdom adalah kemampuan untuk mengambil keputusan dengan tepat tanpa emosi, melainkan mengandalkan ketenangan, kemampuan untuk melihat segala sesuatunya dari segala sudut pandang dan mencoba untuk melihat dari sudut pandang yang paling benar., kemampuan untuk menyelesaikan suatu masalah dengan cermat dan cepat dengan resiko seminimal mungkin.
Kebijaksanaan: kemampuan melihat suatu hal dari segala sisi, baik dan buruk. kemampuan memutuskan tanpa mengalahkan setiap kepentingan. kemampuan untuk jujur menerima kekalahan, mengatasi kemarahan, mengakui kesalahan, dan memperbaikinya di kemudian hari.
Kebijaksanaan merupakan sifat dan kemampuan untuk menggunakan pengetahuan, pemahaman, pengalaman, akal sehat dan wawasan yang dalam.
Karakteristik Kebijaksanaan merupakan akumulasi dari ilmu, pengetahuan, dan pencerahan. Orang yang bijaksana mempunyai kualitas dalam berpengetahuan, serta mempunyai kapasitas untuk menggunakannya. Dia mengetahui masukan yang baik serta dapat mengolahnya menjadi hasil yang baik. Dia mempunyai ketajaman akal, adil, cerdas, dan mahir tentang ilmu pengetahuan tertentu.
Setidak-tidaknya begitulah hasil diskusi dengan sahabat-sahabat ’09, sebagai pengantar awal tentang bagaimana kita harus memahami filsafat dan logika. Pertautan antara kedua pengetahuan tersebut adalah terletak pada bagai mana kita bisa berfikir secara sistematis dan holistic untuk bisa mencapai sesuatu yang hakekat, kemudian menjelma ke dalam bentuk-bentuk kokrit prilaku dan sikap kita dalam kehidupan dunia ini.
Artinya kita telah sepakat, kita belajar logika ataupun belajar filsafat intinya kita akan memalui proses menuju/untuk memperoleh kebijaksanaan-kebijaksanaan dalam kehidupan dunia ini. Kebijaksanaan itu akan hadir dan ada jika kita telah meng-ADA-kan tujuan kita hadir dalam kehidupan ini. Jadi jawaban dari “apa tujuan hidup di dunia ini ?” akan mengantarkan dan menentukan kualitas-kualitas kita sebagai orang yang bijaksana atau tidak?
Akan tetapi hal itu tidak lah mudah, sebagai manusia kita senantiasa akan dihadapkan pada dua hal yang kemudian akan menghilangkan sifat-sifat kemanusiaan kita, kedua hal itu adalah KEBENCIAN dan KEMARAHAN. Aku tak tau persis apa itu kebencian dan kemarahan, tetapi setidak-tidaknya kita mampu memberikan definisi kepada keduanya. Sehingga kita bisa mengatasi bagaimana sikap yang bijaksana jika keduanya datang menjenguk kita.
Pertama-tama, kita harus mengenali hakekat dari kemarahan dan kebencian yang timbul agar bisa mengatasi sifat demikian. Kemarahan dan kebencian hanyalah suatu cara untuk tujuan perlindungan. Adakalanya Anda merasa terancam oleh pendapat orang lain, gaya hidup ataupun tingkah laku mereka. Hal-hal seperti itu bisa saja mengusik sifat keakuan, harga diri, tubuh, atau pikiran Anda, sehingga timbullah kemarahan dan rasa benci dalam diri Anda.
Kebencian (hatred) adalah suatu kata yang terlalu keras. Saya tidak begitu suka menggunakannya, karena sebenarnya apa yang terjadi adalah rasa sebal (resent) ataupun kesal, bukan benar-benar benci. Kebencian lebih dalam maknanya. Sering kita merasa sebal pada orang lain apabila kita menghadapi ancaman terhadap kenyamanan kita. Sehingga, jangan terlalu menyalahkan diri Anda bila Anda menjadi marah.
Cukup dengan menyelidiki darimana sumber kemarahan itu muncul dan apakah Anda berada di sisi yang benar atau sisi yang salah. Adakalanya Anda berhak menunjukkan sedikit sifat kemarahan guna melindungi diri Anda. Pertanyaannya bukanlah menghentikan sifat marah, tapi mengenali kapan Anda mesti menunjukkan sedikit kemarahan dan kapan tidak perlu menunjukkannya. Kendalikan sifat tersebut dan gunakanlah secara bijaksana untuk kepentingan Anda, bukan menghapusnya sama sekali.
Kebencian senantiasa hadir pada dalam kehidupan kita, yang kemudian kebencian itulah menjadi penyebab datanya kemarahan, kemarahan akan memotivasi kita untuk bersikap arogan. Sehingga tidak jarang KEMARAHAN bukan mengembalikan harga diri kita, tetapi seringkali KEMARAHAN malah menurunkan HARGA DIRI kita sebagai manusia..

Categories: Tugas SoftSkill | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: